Pembelajar Sejati

kapak tajamSPIRIT PEMBELAJAR
Tak ada keberhasilan yang abadi.
Juga tidak ada kegagalan yang abadi…
Hidup adalah dinamika, yang terus menerus berubah…
Keberhasilan dan kegagalan senantiasa datang silih berganti…

DAN ITULAH KEHIDUPAN.

Yang bertahan hingga ke puncak kemuliaan hidup hanyalah Insan Pembelajar sejati. yang dapat mengambil hikmah serta pelajaran dari setiap peristiwa kehidupan yang dia alami. Susah atau senang, sedih atau bahagia, semua itu akan semakin menguatkan dirinya serta memulyakan kehidupannya…
DAN ITULAH KESUKSESAN YANG SEJATI.

Ya…
Sukses itu mengenai SIKAP….
Bagimana kita mensikapi kehidupan dengan baik baik dan benar…
Dan Sikap tumbuh dari kemampuan memberikan MAKNA bagi kehidupan…..
Dan makna tumbuh dari kemampuan mengambil HIKMAH kehidupan…

RAWAT DAN JAGA KETAJAMAN KAPAK ANDA
Alkisah ada seorang penebang pohon yg sangat kuat. Dia melamar pekerjaan pada seorang pedagang kayu, dia mendapatkannya. Gaji dan kondisi kerja yg di terimanya sangat baik. karenanya sang penebang pohon memutuskan untuk bekerja sebaik mungkin. Sang majikan memberikan sebuah kapak dan menunjukan area kerjanya.

Hari pertama sang penebang pohon berhasil merobohkan 18 batang pohon. sang majikan sangat terkesan dan berkata,”Bagus,bekerjalah seperti itu”.

Sangat termotivasi oleh pujian majikannya, ke esokan hari sang penebang pohon bekerja lebih keras lagi, tetapi dia hanya berhasil merobohkan 15 batang pohon. Hari ke tiga dia bekerja lebih keras lagi, tetapi hanya berhasil merobohkan 10 batang pohon. Hari-hari berikutnya pohon yang berhasil di robohkannya semakin sedikit,”Aku mungkin telah kehilangan kekuatanku” pikir penebang pohon itu.

Dia menemui majikannya dan minta maaf, sambil mengatakan tidak mengerti apa yg terjadi.

“Kapan saat terakhir kau mengasah kapak?”Sang majikan bertanya.
“Mengasah…??? Saya tidak punya waktu untuk mengasah kapak. saya sangat sibuk menebang pohon,” katanya.

HIKMAH:
Kehidupan kita sama seperti itu. sering kali sangat sibuk sehingga tidak lagi mempunyai waktu untuk mengasah kapak.
Di masa sekarang ini,banyak orang lebih sibuk dari sebelumnya,tetapi mereka lebih tidak berbahagia dari sebelumnya.

Mengapa???
Mungkinkah kita telah lupa bagaimana caranya untuk tetap tajam???

Tidaklah salah dengan aktivitas dan kerja keras, tetapi tidaklah seharusnya kita sedemikian sibuknya sehingga mengabaikan hal-hal yg sebenarnya sangat penting dalam hidup, seperti kehidupan pribadi, menyediakan waktu untuk membaca, dan lain sebagainya.

Kita semua membutuhkan waktu untuk tenang, untuk berpikir dan merenung, untuk belajar dan bertumbuh.
Bila kita tidak mempunyai waktu untuk mengasah kapak, kita akan tumpul dan kehilangan efektifitas.

Jadi mulailah dari sekarang, luangkanlah waktu untuk memikirkan cara bekerja yang lebih efektif dan menambahkan banyak nilai ke dalamnya.

PEMBELAJAR SEJATI
Sesungguhnya setiap diri kita ini adalah para pembelajar sejati. Belajar merupakan kemampuan fitrah kita, sejak balita kita telah belajar banyak hal di dunia ini. Yang dengannya kita bertumbuh dan menjadi dewasa….

Namun, bila kita semua adalah pembelajar. Kenapa ada orang yang kemudian menjadi sukses dan ada yang gagal, atau biasa-biasa saja…??? Ilmu apa yang dapat mengantarkan diri kita menuju sukses…

Ya, kita semua adalah pembelajar. Yang membedakan antara orang sukses dan orang gagal adalah apa yang menjadi bahan pembelajaran mereka.

Orang gagal biasanya suka belajar hal-hal yang tidak bermanfaat, cth, belajar rebutan warisan dari sinetron, belajar gosip dari infotaintment, dll Karena informasi ini gratis dan mudah di dapat.

Orang sukses biasanya suka belajar hal-hal yang bermanfaat, dan mau berjuang untuk memperoleh ilmu itu.

Orang gagal ada juga yang haus ilmu, apapun saja dia pelajari, buku apapun dia baca, pelatihan apapun dia ikuti…… dan justru karena itu dia menjadi gagal… Kenapa…? Karena tidak fokus, dan belajar tanpa tujuan yang jelas. Hanya sekedar memuaskan rasa ingin tahu saja. Hal itu terjadi, biasanya karena dia tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas.

Sedangkan orang sukses, tidak sembarangan belajar, Dia hanya belajar ilmu-ilmu yang bermanfaat yang selaras dan sesuai dengan passionnya, panggilan jiwanya, atau tujuan hidupnya, sehingga dengan demikian akhirnya dia menjadi seorang yang kompeten dan sukses di bidang itu….

Demikianlah sahabat…
Zaman sekarang adalah era banjir informasi, informasi apapun akan dengan mudah kita dapatkan…

Dan orang sukses tidak akan serakah mengambil semuanya, dia hanya mengambil sebagian yang dia butuhkan saja… termasuk ini : Golden Life Tranceformation

SALAM PEMBELAJAR SEJATI.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Comments

comments


Leave a Reply